Kelebihan Dan Kekurangan Blog Dofollow & NoFollow Beserta Pengertiannya

Kelebihan Dan Kekurangan Blog Dofollow & NoFollow Beserta Pengertiannya


#Pengertian DoFollow
Pengertian Blog DoFollow yaitu bahwa Link yang kita masukan  saat berkomentar itu akan dianggap sebagai Backlink oleh mesin pencari seperti google atau bisa juga diartikan menginstruksikan search engine agar memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya.
Pengertian Blog NoFollow adalah atribut kode HTML yang digunakan untuk menginstruksikan search engine agar tidak memberi efek peningkatan ranking pada link target dari suatu teks hyperlink pada indeks search engine-nya. Secara default memang setting komentar sebuah blog itu adalah nofollow, tujuannya untuk mengurangi banyaknya spam, tapi kita bisa mengubahnya menjadi dofollow sehingga siapapun yang berkomentar akan mendapat hadiah kecil berupa backlink yang abadi karena telah mengunjungi blog kita dan berkomentar.


Kelebihan Blog Dofollow:
- Blog ini banyak disukai pembacanya karena memberikan banyak manfaat berupa backlink gratis tentunya.
- Blog akan banyak masukan komentar kritik dan saran yang membangun bog kita
- Pemilik blog akan dianggap sebagai orang yang memiliki jiwa sosial
- Meningkatkan pageview blog kita
- Hubungan silaturahim juga semakin kuat. Dan blog kita akan sering dikunjungi.
- Peringkat Alexa Rank umumnya lebih cepat turun atau rendah untuk blog tipe dofollow ini karena traffic blognya makin ramai pengunung.

Kekurangan Blog Dofollow:
- Sebagian besar dari komentar pada blog kita adalah SPAM dan tidak berkualitas. Banyak spammers yang memberi komentar seperti PTC scam atau bisnis sejenis scam yang berkunjung. Namun tidak masalah jika kita akan menghapusnya.
- Terkadang karena terlalu banyak link, blog malah dibanned google. Dan alhasil SEO blog kita akan turun. Google juga kurang suka dengan blog yang memiliki terlalu banyak outbound link di banding internal link untuk itu kita perlu mengimbangi dengan adanya backlink dari luar.
- Google Page Rank akan lebih rendah
- Jika kamu terbiasa melakukan sosial bookmarking luar maupun lokal, yang perlu diingat adalah tidak semua blog atau situs social bookmark itu dofollow. Ada baiknya mendapatkan dofollow backlink dari blog atau situs yang mempunya Page Rank yang tinggi.


#Pengertian NoFollow
Apa itu NoFollow ? tag rel="nofollow" attribute atau Tag Nofollow adalah tag HTML yang memberitahukan kepada search engine atau mesin pencari untuk memotong link selama pengindekan.
Atau dengan kata lain, Search enggine seperti Google, Yahoo! dan Bing akan merayapi (crawling) web atau blog secara berkala untuk mencari dan mengindeks halaman baru yang akan dimasukkan di dalam hasil pencarian kata kunci (keyword search result).


Kelebihan Blog Nofollow :
- Aman dari gangguan SPAM yang mencari backlink asal-asalan.
- Lebih diminati oleh Google dalam hal SEO, dikarenakan search enggine google lebih suka dengan blog jenis ini.
- Komentar dalam blog adalah murni karena blog kita yang bermanfaat.
- PageRank yang kita dapat murni dan lebih stabil. Tidak cepat naik atau cepat turun. Namun naik perlahan namun pasti.
- Lebih menantang untuk mencari kreatifitas posting artikel kita, karena komentar yang masuk tergantung kualitas postingan yang kita buat.
- Lebih supel melakukan blogwalking untuk menjalin persahabatan dan bertukar link antar pengguna blog.

Kekurangan Blog Nofollow :
- Tidak ada yang memberi komentar (sedikit), namun saya yakin jika isinya bermanfaat pastinya akan  ada yang memberikan komentar.
- Pemilik blog akan dianggap apatis, ini juga kurang tepat. Karena pemilik blog biasanya akan lebih senang untuk bertukar link dan saya yakin kamu juga sangat suka.
- Akan lebih rentan ditinggal pembaca untuk blog baru
- Peringkat Alexa Rank umumnya lebih lambat turun kecuali isi blog kamu menarik dan bermanfaat sehingga ramai dikunjungi pengunjung.

Demikianlah artikel hari ini, Semoga bermanfaat, sekian dan terima kasih.

Subscribe to receive free email updates: